Bisnis Internasional
BISNIS
INTERNASIONAL
Bisnis Internasional adalah
semua transaksi bisnis-swasta dan pemerintah-yang melibatkan dua atau lebih
negara.
HAKIKAT BISNIS INTERNASIONAL
Bisnis internasional merupakan
kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas - batas suatu Negara. Transaksi
bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis internasional yang sering disebut
sebagai Bisnis Internasional (International Trade) ada juga yang menybutnya
sebagai Pemasaran Internasional atau International Marketing. Dilain pihak transaksi
bisnis itu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam suatu negara dengan perusahaan
lain atau individu di negara lain disebut Pemasaran Internasional atau
International Marketing. Pemasaran internasional inilah yang biasanya diartikan
sebagai Bisnis Internasional , meskipun pada dasarnya ada dua pengertian. Jadi
kita dapat membedakan adanya dua buah transaksi bisnis Internasional yaitu :
~ Perdagangan
Internasional (International Trade)
Perdagangan internasional
adalah proses tukar menukar yang didasarkan atas kehendak sukarela dari
masing-masing Negara. Adapun motifnya adalah memperoleh manfaat perdagangan
atau gains of tride.
Manfaat Perdagangan
Internasional
1. Saling mendapat petukaran
tehnologi guna mempercepat pertumbuhan ekonomi
2. Menjalin persahabatan
3. Dapat membuka lapangan
pekerjaan
4. Dapat menambah jumlah dan
kualitas barang
5. Meningkatkan penyebaran
sumber daya alam melalui batas Negara.
b. Pemasaran Internasional
(International Marketing)
Pemasaran Internasional
dianggap memiliki peranan penting dalam memberikan jawaban dan antisipasi
positif terhadap sejumlah isu global yang dinamis. Pemasaran internasional yang
sering disebut sebagai bisnis Internasional ( International Busines ) merupakan
keadaan dimana suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis
dengan negara lain , perusahaan lain ataupun masyarakat umum di luar negeri.
Transaksi bisnis internasional ini pada umumnya merupakan upaya untuk
memasarkan hasil produksi di luar negeri. Dalam hal semacam ini maka pengusaha
tersebut akan terbebas dari hambatan perdagangan dan tarif bea masuk karena
tidak ada transaksi ekspor impor.
~ Alasan
Melaksanakan Bisnis Internasional
Alasan negara melakukan
perdagangan internasional.
1. Masalah mobilitas faktor
produksi.
2. Monilitas mengandung arti
suatu pergerakan, sehingga yang dimaksud disini adalah pergerakan faktor
produksi dari suatu negara kenegara lain.
3. Masalah batas-batas negara
yang berdaulat.
4. Masalah transport cost.
~ Konsep Keunggulan Absolut
Menurut Adam Smith Bahwa setiap
negara akan memperoleh manfaat perdagangan internasional karena melakukan
spesialisasi produksi dan mengekspor barang jika negara tersebut memiliki
keunggulan mutlak, serta mengimpor barang jika negara tersebut memiliki
ketidakunggulan mutlak.Teori absolute advantage ini didasarkan kepada beberapa
asumsi pokok antara lain: Faktor produksi yang digunakan hanya tenaga kerja
saja. Kualitas barang yang diproduksi kedua negara sama. Pertukaran dilakukan
secara barter atau tanpa uang. Biaya transpor ditiadakan.
~ Konsep Keunggulan Komparatif
Teori keunggulan komparatif
merupakan teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. Menurutnya, perdagangan
internasional terjadi bila ada perbedaan keunggulan komparatif antarnegara. Ia
berpendapat bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu
memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada
negara lainnya.
~ Potensi Pasar Internasional
Potensi pasar ditentukan oleh
tiga faktor yaitu struktur penduduk , daya beli serta pola konsumsi masyarakat.
Dalam hal pasar Internasional , potensi pasar internasional juga ditentukan
oleh ketiga faktor tersebut hanya saja dalam hal ini diberlakukan untuk negara
lain.
TAHAP – TAHAP DALAM
MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL
Perusahaan yang memasuki bisnis
internasional pada umumnya terlibat atau melibatkan diri secara bertahap dari
tahap yang paling sederhana yang tidak mengandung resiko sampai dengan tahap
yang paling kompleks dan mengandung risiko bisnis yang sangat tinggi. Adapun
tahap tersebut secara kronologis adalah sebagai berikut :
1. Ekspor Insidentil
2. Ekspor Aktif
3. Penjualan Lisensi
4. Franchising
5. Pemasaran di Luar Negeri
6. Produksi dan Pemasaran di
Luar Negeri
HAMBATAN DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL
Melaksanakan bisnis internasional
tentu saja akan lebih banyak memiliki hambatan ketimbang di pasar domestik.
Negara lain tentu saja akan memiliki berbagai kepentingan yang sering kali
menghambat terlaksananya transaksi bisnis internasional. Disamping itu
kebiasaan atau budaya negara lain tentu saja akan berbeda dengan negeri
sendiri. Oleh karena itu maka terdapat beberapa hambatan dalam bisnis
internasional yaitu :
~ Batasan perdagangan dan
tarif bea masuk : Tarif bea masuk adalah pajak yang dikenakan terhadap barang
yang diperdagangkan baik barang impor maupun ekspor.
~ Perbedaan bahasa, sosial
budaya/cultural : Perbedaan dalam hal bahasa seringkali merupakan hambatan bagi
kelancaran bisnis Internasional , hal ini disebabkan karena bahasa adalah
merupakan alat komunikasi yang vital baik bahasa lisan maupun bahasa tulis.
~ Kondisi politik dan
hokum/perundang-undangan : Hubungan politik yang kurang baik antara satu negara
dengan negara yang lain juga akan mengakibatkan terbatasnya hubungan bisnis
dari kedua negara tersebut.Ketentuan hukum ataupun perundang-undang yang
berlaku di suatu negara kadang juga membatasi berlangsungnya bisnis
internasional.
~ Hambatan operasional :
Hambatan perdagangan atau bisnis internasional yang lain adalah berupa masalah
operasional yakni transportasi atau pengangkutan barang yang diperdagangkan
tersebut dari negara yang satu ke negara yang lain.
~ Peraturan atau kebijkan
Negara lain, dalam bentuk proteksi yaitu: usaha melindungi industry-industri di
dalam negri
~ Perbedaan tingkat upah
PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Banyak contoh perusahaan
multinasional misalnya saja Coca Cola , Colgate , Johnson & Johnson , IBM ,
General Electric , Mitzubishi Electric , Toyota , Philips dari negeri Belanda ,
Nestle dari Switzerland , Unilever dari Belanda dan lnggris , Bayer dati Jerman
, Basf juga dari Jerman, Ciba dari Switzerland dan sebagainya.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar