Membuat Label Undangan Dengan Aplikasi OpenOffice
Kemampuan dalam segala bidang sangat perlu dikembangkan keberadaannya, karena hal itu bisa menambah point untuk softskill kita baik dalam lingkungan pekerjaan maupun belajar..
Kali ini saya akan coba membuat sebuah Label Undangan dengan menggabungkan Pembuatan Label dengan dokumen inti (data source) dengan menggunakan aplikasi OpenOffice
Langkah - langkahnya adalah :
1. Buka aplikasi OpenOffice
2. Pilih Text Document, seperti gambar berikut ini
3. Kemudian pilih File pilih New pilih Labels
Akan tampil gambar seperti berikut ini, dan sebagai contoh set nilainya seperti gambar tersebut, kemudian
klik tombol Save
4. Setelah klik tombol save, akan muncul tampilan seperti berikut ini, dan sebagai contoh isi datanya sesuai
gambar dibawah, kemudian klik OK
5. Klik tombol New Document, kemudian akan tampil hasil kotak-kotak Labels seperti dibawah ini
6. Persiapkanlah di dalam satu file Calc seluruh daftar nama dan daftar alamatnya. Sebagai contoh seperti
dibawah ini :
7. Kembali lagi ke file yang tadi (writer) kemudian klik menu Tools pilih Mail Merge Wizard, dan langsung
saja ke step yang ketiga, (Insert Address Block). Seperti tampilan dibawah ini
8. Dari gambar diatas klik "Select Different Address List" klik tombol Add, lalu pilih file yang berisi
daftar alamat yang sebelumnya kita buat tadi pada file Calc, kemudian klik OK kemudian Cancel, hasilnya
seperti gambar dibawah ini
9. Klik menu View pilih Data Source, kemudian klik kiri pada text Daftar Alamat, lalu pilih Tables
kemudian sheet 1. Seperti gambar dibawah ini
Kali ini saya akan coba membuat sebuah Label Undangan dengan menggabungkan Pembuatan Label dengan dokumen inti (data source) dengan menggunakan aplikasi OpenOffice
Langkah - langkahnya adalah :
1. Buka aplikasi OpenOffice
2. Pilih Text Document, seperti gambar berikut ini
3. Kemudian pilih File pilih New pilih Labels
Akan tampil gambar seperti berikut ini, dan sebagai contoh set nilainya seperti gambar tersebut, kemudian
klik tombol Save
4. Setelah klik tombol save, akan muncul tampilan seperti berikut ini, dan sebagai contoh isi datanya sesuai
gambar dibawah, kemudian klik OK
5. Klik tombol New Document, kemudian akan tampil hasil kotak-kotak Labels seperti dibawah ini
6. Persiapkanlah di dalam satu file Calc seluruh daftar nama dan daftar alamatnya. Sebagai contoh seperti
dibawah ini :
7. Kembali lagi ke file yang tadi (writer) kemudian klik menu Tools pilih Mail Merge Wizard, dan langsung
saja ke step yang ketiga, (Insert Address Block). Seperti tampilan dibawah ini
8. Dari gambar diatas klik "Select Different Address List" klik tombol Add, lalu pilih file yang berisi
daftar alamat yang sebelumnya kita buat tadi pada file Calc, kemudian klik OK kemudian Cancel, hasilnya
seperti gambar dibawah ini
kemudian sheet 1. Seperti gambar dibawah ini
10. Klik dan Drag "NAMA" dan "BAGIAN" kolomnya satu persatu ke kotak-kotak Labels pertama
yang ada dibawahnya. Seperti gambar berikut ini
11. Simpan kursor dibawah field "BAGIAN" (masih pada kotak yang pertama), lalu klik menu Insert,
pilih Fields pilih Other. Kemudian pilih Tab Database. Lalu pilih Next Record, kemudian klik Insert,
lalu klik Close. Seperti gambar dibawah ini
12. Kemudian blok "NAMA" DAN "BAGIAN" yang ada di kotak Labels pertama tadi, lalu Copy Paste ke
kotak-kotak disebelahnya dan seluruhnya satu persatu. Sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini
13. Langkah terakhir, untuk melihat hasilnya klik menu Tools pilih Mail Merge Wizard. Langsung ke step
yang ke "8. Save, Print or Send". Setelah proses finish, klik tombol "Save Starting Document",
lalu klik tombol finish. Dan hasilnya adalah sebagai berikut
Alhamdulillah.. Latihan berhasil.. Semoga memberi manfaat dan berguna untuk kita semua.. Aaminn..
Good luck..
Terima Kasih... tadinya bingun apa ada di open office pembuatan label ini...
BalasHapus