Kemampuan Public Speaking Sebagai Modal Untuk Masa Depan


Keterampilan teknis seseorang dalam bidang tertentu boleh jadi sangat menentukan karier seseorang. Tapi hal itu juga harus didukung kemampuan berbicara dan presentasi karena dengan keterampilan (skill) itu materi akan terasa lebih hidup dan tepat sasaran.

Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) dan presentasi merupakan salah satu penunjang keberhasilan seseorang, terutama mereka yang menggeluti pekerjaan yang senantiasa bersinggungan dengan orang lain. Sebab, sebagai makhluk hidup, manusia harus melakukan komunikasi dengan cara menyatakan ekspresi lewat kemampuan presentasi dan berbicara.

Kemampuan ini sangat penting karena tulisan dan gambar saja tidak cukup untuk menyakinkan orang lain.
Bahkan begitu pentingnya kemampuan ini, banyak yang beranggapan bahwa pada dasarnya kemampuan public speaking dan presentasi wajib dimiliki semua profesi, terutama bagi lulusan perguruan tinggi.
Kemampuan public speaking lebih sulit dikuasai daripada kemampuan presentasi. Maklum ketika melakukan presentasi, seseorang masih bisa menyiapkan materi dan menggunakan sejumlah peralatan penunjang. Tapi tidak begitu dengan public speaking. Seseorang harus siap menyampaikan gagasan dalam kondisi apapun dan dengan peralatan pendukung yang terbatas.

Kemampuan menyampaikan pesan ini tentu akan sangat menunjang karier yang dijalani. Misalnya, bagi seseorang yang berprofesi sebagai salesman alias tenaga penjual, tanpa kemampuan persuasif yang baik, tentu sulit mendapatkan pelanggan.

Tapi, apabila dia memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang baik dan mampu mempresentasikan produk dengan persuasif, audiens akan tertarik. Dari situlah dia akan mendapatkan banyak pelanggan, sehingga kemungkinan juga akan mendapatkan imbalan sepadan dari perusahaan.

Kemampuan public speaking dan presentasi juga perlu didukung oleh
penguasaan materi dan sikap yang baik, skill public speaking ini tentunya tidak terlepas dari content yang dibawakan.

Banyak orang yang pandai, memiliki kemampuan analisis yang baik dan dalam, namun kurang terlihat tampil dengan baik jika tidak disertai dengan kemampuan menyampaikan pendapat atau pemikiran yang memadai. Kalau tidak ada bakat seharusnya berlatih keras. Nah, yang berbakat juga harus berlatih sebab berbakat saja tidak cukup.

Sumber :
http://www.marketing.co.id/blog/2012/12/18/kemampuan-public-speaking-sebagai-modal-untuk-masa-depan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode FIFO Dalam Sistem Periodik

Contoh Soal Himpunan

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode LIFO Dalam Sistem Periodik