Berbicara di Depan Publik


Banyak orang merasa kesulitan jika harus berbicara di depan publik. Tak jarang seseorang berusaha menghindari jika harus tampil dan berbicara di depan umum.

Pada umumnya seseorang yang belum terbiasa berbicara di depan publik akan merasa gugup, gemetar, berkeringat dingin, tegang, sakit perut, salah tingkah, demam panggung, dll. Perasaan-perasaan yang biasa dia alami tersebut, biasa kita sebut dengan perasaan ‘cemas’, dan hal ini adalah hal yang wajar dan alamiah untuk di rasakan setiap orang.

Ada satu pepatah yang mengatakan bahwa ‘Bisa karena terbiasa’. Pepatah ini benar adanya, karena sebenarnya, sulitnya berbicara di depan umum adalah sesuatu yang dapat dilatih. Seperti pepatah lainnya yang mengatakan, ‘practice makes perfect’, semakin sering kita berlatih, semakin menyempurnakan apa yang kita lakukan. Kemampuan berbicara di depan publik tidak dimiliki secara tiba-tiba. Berbicara di depan publik harus dilatih, dipraktekkan, dan terus diasah sampai akhirnya secara alami menjadi pembicara publik yang baik.

Untuk mengawalinya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah meningkatkan rasa percaya diri. Tentunya hal ini sangat berkaitan dengan cara berpikir dan bagaimana mengenali diri kita dengan baik, maka langkah awal yang sudah sepatutnya kita lakukan adalah mengarahkan pikiran kita agar selalu berpikir positif, terutama dalam hal penilaian terhadap diri sendiri. Percaya diri merupakan salah satu kunci sukses dalam hidup.

Sumber :
http://www.marketing.co.id/blog/2012/12/26/berbicara-di-depan-publik/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode FIFO Dalam Sistem Periodik

Contoh Soal Himpunan

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode LIFO Dalam Sistem Periodik