Matching Principle dan Pengertian Lainnya


A. Business Entity Concept
Konsep ini menyatakan bahwa perusahaan harus dipandang sebagai kesatuan usaha yang terpisah dari pemiliknya dan juga dari perusahaan lain. Atau, merupakan konsep akuntansi yang didasarkan pada entitas usaha, yaitu membatasi data ekonomi dalam sistem akuntansi terhadap data yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha

B. Accrual Basic
Accrual Basic merupakan suatu basis akuntansi di mana transaksi ekonomi dan peristiwa-peristiwa lain diakui dan dicatat dalam catatan akuntansi dan dilaporkan dalam periode laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut, bukan pada saat kas atau ekuivalen kas diterima atau dibayarkan.

C. Cash Basic
Cash Basic adalah suatu metode pencatatan dalam akuntansi, dimana dalam hal ini setiap transaksi yang terjadi dicatat berdasarkan jumlah nominal yang diterima.

D. Book Original of Entry (Jurnal)
Book Original of Entry atau dapat disebut juga Jurnal adalah suatu buku atau formulir untuk pencatatan pertama dan utama dari setiap transaksi keuangan yang sudah digolongkan ke dalam akun-akun tertentu.

E. Historical Cost
Prinsip ini menghendaki digunakannya harga perolehan dalam mencatat aktiva, utang, modal dan biaya. Yang dimaksud dengan harga perolehan adalah harga pertukaran yang disetujui oleh kedua belah pihak yang bersangkutan dalam interaksi.

F. Rekening Nominal
Rekening Nominal adalah rekening yang terdiri dari rekening pendapatan dan rekening beban. Contoh dari rekening nominal :

  • Beban (Expenses), yaitu seluruh pengorbanan untuk memperoleh pendapatan. 
  • Beban Operasional, yaitu beban yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan operasional. Misalnya : Beban Gaji, Pembelian Barang Dagangan
  • Beban Lain-lain, yaitu pengorbanan perusahaan yang bukan untuk kebutuhan operasional usaha. Misalnya : Beban Bunga, Kerugian atas Penjualan

G. Rekening Riil
Adalah rekening yang sifatnya permanen, yaitu berkelanjutan dari satu periode pembukuan ke periode pembukuan berikutnya. Contoh rekening riil :
1. Harta (Assets)
2. Kewajiban/Utang (Liabilities)
3. Modal (Capital)

H. Matching Principles
Matching principle adalah prinsip yang menandingkan pendapatan dan biaya sebuah perusahaan. Biaya yang terjadi dengan pendapatan yang muncul sebagai akibat dari adanya biaya tersebut.

I. Akuntansi Anggaran (Bugeting Accounting)
Akuntansi Anggaran adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang serta analisis dan pengontrolannya.

J. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Akuntansi Keuangan adalah akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi keuangan sampai dengan penyajian laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba/rugi, neraca, perubahan modal, dan arus kas.

K. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Akuntansi Biaya adalah akuntansi yang berhubungan dengan penetapan dan pengawasan biaya dalam suatu perusahaan.

Sumber :
http://mestargroup.blogspot.com/2012/01/materi-akuntansi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode FIFO Dalam Sistem Periodik

Contoh Soal Himpunan

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode LIFO Dalam Sistem Periodik