Pendapatan Diterima di Muka

Perusahaan penerbit majalah seperti Sport Illustrated, menerima cek dari pelanggan saat majalah dipesan. Perusahaan penerbangan seperti, Amerikan Airlines menerima uang tunai ketika perusahaan menjual tiket untuk penerbangan yang akan datang. Dari dua transaksi tersebut kedua perusahaan itu mencatat pendapatan diterima di muka (pendapatan yang diterima sebelum barang dikirimkan atau jasa diselesaikan). Bagaimana perusahaan mencatat transaksi tersebut..?

  1. Pada saat pembayaran diterima, kas didebit dan akun pendapatan diterima di muka yang masuk kedalam kelompok kewajiban dikredit.
  2. Pada saat pendapatan yang telah dihasilkan (earned), akun pendapatan diterima di muka didebit dan akun pendapatan yang telah dihasilkan dikredit.
Sebagai contoh, diasumsikan bahwa Superior University menjual 10.000 tiket sepak bola untuk pertandingan musiman dengan harga Rp. 50.000 pertiket atas lima jadwal pertandingan. Maka jurnal untuk penjualan tiket tersebut adalah sebagai berikut :

6 Agustus    Kas                                                                              Rp. 500.000.000
                             Pendapatan Diterima di Muka *penjualan tiket                                  Rp. 50.0000.000

(Ket : Mencatat penjualan sebanyak 10.000 tiket)

Pada saat masing-masing dari kelima pertandingan telah selesai, maka seperlima dari pendapatan ini telah dihasilkan. Jurnal yang perlu dibuat adalah sebagai berikut :

7 Agustus    Pendapatan Diterima di Muka                                       Rp. 100.000.000
                                      Pendapatan *tiket sepak bola                                                  Rp. 100.000.000

(Ket : Mencatat pembayaran diterima di muka tiket sepak bola)

Saldo pada akun pendapatan diterima dimuka pada contoh tersebut dilaporkan sebagai kewajiban jangka pendek dalam neraca. Pada saat pendapatan telah dihasilkan, terjadi pemindahan dari pendapatan diterima di muka ke akun pendapatan yang telah dihasilkan. Pendapatan diterima di muka penting untuk sebagian perusahaan.

Sumber :
Buku Accounting Principles by Jerry J. Weygandt, Donald E. Kieso dan Paul D. Kimmel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode FIFO Dalam Sistem Periodik

Contoh Soal Himpunan

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode LIFO Dalam Sistem Periodik