Pelanggaran Etika Oleh Seorang Auditor


Chapter Two
Pada pertengahan tahun 2014 Mustafa menjadi auditor pada PT. CANSU HAZAL Corp. perusahaan tersebut membutuhkan tenaga professional pada bidang audit untuk memeriksa tentang kondisi laporan keuangan perusahaan tersebut. Kecakapan tehknis yang dimiliki oleh Mustafa sudah sangat menjadi perbincangan yang sangat fenomenal.
PT. CANSU HAZAL Corp. adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan khususnya batu bara. Pertambangan adalah rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan, pemanfaatan dan penjualan bahan galian (mineral, batubara, panas bumi, migas). Keberhasilan perusahaan tersebut menjadikan perusahaan batu bara ini memiliki cukup banyak cabang di Indonesia. Daerah cakupannya luas berada di beberapa lokasi pertambangan batu bara yang tertanam di wilayah Indonesia.
Pada satu titik lokasi dimana perusahaan memiliki cabang, PT. CANSU HAZAL Corp. menyatakan kepada public bahwa perusahaan tersebut memiliki tambang emas yang memiliki kualitas sangat tinggi dan nomor satu di dunia. Jenis emas ini yang memiliki kualitas nomor satu. Kelangsungan hidup perusahaan pada cabang emas ini berhasil berdiri kokoh selama 2 tahun. Melihat pesatnya kemajuan perusahaan selama kurun waktu 2 tahun tersebut, banyak para investor yang menanamkan sahamnya pada perusahaan ini.
Semakin besar berkembangnya suatu perusahaan, semakin besar pula tanggung jawab terhadap berbagai kondisi. Terutama laporan keuangan yang dibuatnya untuk kemudian disajikan kepada investor dan berbagai pihak lainnya.
(KAP) ABAD KEJAYAAN THE SERIES dan Mustafa terpilih untuk menjadi pemeriksa laporan keuangan yang dimiliki perusahaan tersebut. Mustafa sebagai konsultan diberikan perintah oleh perusahaan untuk memanipulasi laporan keuangan perusahaan yaitu dengan meniadakan hutang yang dimilikinya sehingga terlihat rapi mendapatkan laba yang besar. Hal ini dilakukan agar menarik investor untuk menanam saham pada perusahaan tersebut. Mustafa yang tersoroh rapih dalam bekerja menerima permintaan perusahaan tersebut. Entah karena ada bayaran tinggi yang khusus yang diterimanya atau karena ada faktor lain. (KAP) ABAD KEJAYAAN THE SERIES pun mendukung kegiatan tidak bermoral yang dilakukan oleh Mustafa. Kerjasama ini menjadikan perusahaan, Mustafa dan KAP ABAD KEJAYAAN THE SERIES memiliki citra yang tinggi. Laporan keuangan yang terlihat rapih dan bagus dalam hal laba dan lain – lain, kecakapan tehknis yang dimiliki oleh Mustafa dan (KAP) ABAD KEJAYAAN THE SERIES membuat namanya semakin baik dimata public dan memperlihatkan prosfek yang baik.
Namun hal ini tidak berlangsung lama. Praktek akuntansi yang dilakukan oleh Mustafa dan (KAP) ABAD KEJAYAAN THE SERIES ditangani lebih lanjut oleh KAP Pusat. KAP Pusat menegaskan bahwa terjadi kecurangan mengaudit atau kerjasama yang melanggar kode etik seorang auditor.

Keterangan :
Nama Tokoh dan nama KAP dalam blog ini merupakan karangan penulis yang terinspirasi dari film turki yang pernah ditayangkan disalah satu stasiun televisi di Indonesia yang telah sedikit diubah dan dituangkan dalam cepren chapter one ini. Tidak dimaksudkan menyinggung pihak manapun. Ini murni merupakan karangan dari cerpen yang dibuat. Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode FIFO Dalam Sistem Periodik

Contoh Soal Himpunan

Menghitung Persediaan Akhir Dengan Menggunakan Metode LIFO Dalam Sistem Periodik